Photobucket
...SELAMAT DATANG DI...
...BLOG SAYA...

Sabtu, 02 April 2011

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Penyebab Penurunan Prestasi Belajar Siswa
Serta Cara Mengatasinya

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
    Salah satu kunci keberhasilan dalam belajar adalah adanya tujuan belajar (dan juga dalam kehidupan dunia karir Anda nanti) adalah adanya tujuan yang jelas. Tujuan biasanya menentukan hasil yang akan Anda capai. Rasulullah S.A.W pernah bersabda bahwa setiap amal perbuatan itu tergantung pada niat/tujuannya dan bahwa hasil yang akan diperoleh orang yang bekerja tersebut akan sesuai dengan niat/tujuan yang ingin dicapainya. Untuk menetapkan tujuan, Anda harus mengetahui apa yang penting untuk Anda capai. Kemudian Anda harus menetapkan tujuan yang dirumuskan secara spesifik dan jelas. Kalau Anda tidak mempunyai tujuan yang dirumuskan dengan jelas, usaha akan kehilangan arah dan fokus. Tulislah tujuan-tujuan Anda itu sehingga Anda mempunyai catatan tentangnya.
    Akhir – akhir ini prestasi belajar siswa menurun karena, banyaknya dampak negative yang di timbulkan oleh kemajuan tekhnologi seperti HP. Akibat dari penyalahgunaan HP oleh para murid, diantaranya prestasi belajar murid jadi menurun, banyaknya gambar-gambar atau video-video yang tidak sepantasnya ditonton oleh anak seusia sekolah.
     Prestasi belajar siswa pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh dua factor yang saling berkaitan baik berasal dati dalam diri siswa (internal) maupun dari luar (eksternal). Dengan kata lain factor internal dan eksternal secara otomatis akan menentukan keberhasilan siswa antara lain: keaktifan belajar, latar belakang sosial, ekonomi, intensitas bimbingan orang tua, cara dan gaya belajar, kecerdasan, potensi, fasilitas, sarana prasarana, suasana lingkungan, kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, perhatian, lingkungan yang bersih, kesiapan siswa dalam belajar dan lain sebagainya.

B. Permasalahan
              1. Apa penyebab timbulnya penurunan prestasi belajar?
              2. Apa upaya untuk mengatasi penurunan prestasi belajar siswa?
C. Tujuan Penulisan Makalah
     Untuk membahas hal – hal yang menyebabkan timbulnya penurunan prestasi belajar siswa dan upaya mengatasinya.
PEMBAHASAN
A. Penyebab Prestasi Belajar Siswa Menurun

     Kemajuan teknologi yang janggih dari waktu kewaktu semakin pesat. Dampaknya bisa berdampak positif maupun negative dampak negativnya sangat dirasakan sekali dalam dunia pendidikan, yaitu menurunnya prestasi belajar siswa.
Banyak rekan – rekan yang tidak menyadari, tercebak dalam kemalasan bahkan menyebabkan kebodohan. Kebodohan dimulai dari turunnya prestasi belajar. Ada beberapa hal penyebab dari turunnya prestasi belajar yaitu:

1. Tidak memiliki buku pelajaran.
    Banyak siswa SMP yang tidak memiliki buku pelajaran. Padahal bagi siswa yang memiliki uang cukup bisa membelinya. Tapi bagi siswa yang tidak punya cukup uang bisa saja cara mendapatkan buku – buku pelajaran tersebut dengan cara pinjam buku kapada teman, baik teman satu sekolah atau dari sekolah lain. Atau jika di sekolah ada perpustakaan, kita bisa meminjamnya.

2. Sering bolos.
    Kebiasaan bolos sekolah disebabkan oleh banyak faktor. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa bolos, di antaranya karena merasa bosan dengan gaya mengajar dari guru. Karena biasanya, jika guru berhasil membangun suasana belajar yang menarik bagi siswanya, maka senakal apa pun siswa tersebut, maka dia akan menunggui guru tersebut. Berbeda dengan guru-guru yang sudah menakutkan bagi siswa mulai dari gaya mengajar, cara menghadapi siswa hingga memberikan tugas. Tetapi ada juga yang memang yang bolos karena gurunya gagal membuat suasana menarik di kelas, sehingga membuat siswa bosan dan mencoba mencari suasana berbeda di luar sekolah. Penyebab lain adalah adanya masalah pribadi baik dengan orang tua, keluarga maupun dengan teman-teman. Atau ada sesuatu di luar sekolah yang lebih menarik pada saat jam pelajaran.

3. Kurang memperhatikan ketika guru sedang menerangkan pelajaran.
    Siswa kurang memperhatikan ketika guru sedang menerangkan pelajaran karena merasa bosan dengan gaya mengajar dari guru. Karena biasanya, jika guru berhasil membangun suasana belajar yang menarik bagi siswanya, siswa akan lebih memperhatikan pelajaran.

4. Tidak mau bertanya kepada guru ketika tidak mengerti tentang pelajaran itu.
    Siswa tidak mau bertanya saat tidak mengerti tentang pelajaran yang sedang diterangkan karena, mungkin guru yang sedang mengajar menakutkan bagi siswa. Mulai dari gaya mengajar, cara menghadapi siswa hingga pada saat memberikan tugas kepada siswa.

B. Upaya Mengatasi Penurunan Prestasi Bealajar
    Berdasarkan pengamatan penulis, penyebab turunnya prestasi belajar tidak hanya yang tersebut di atas, tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Ada beberapa kiat cara mengatasi penurunan prestasi belajar, setidak – tidaknya meminimalisir penurunan prestasi belajar yaitu: 

  1. Siswa sebaiknya berusaha agar mempunyai buku pelajaran dengan cara meminjam buku kepada teman atau meminjam buku di perpustakaan
  2. Melakukan kerjasama antara pihak sekolah dan pihak – pihak terkait
  3. Menciptakan sistem belajar mengajar yang menarik dan menyenagkan
  4. Guru melakukan metode belajar mengajar yang berfariasi, tidak monoton dan materi – materi pelajaran yang bersifat menantang atau materi yang merangsang siswa untuk bertanya
PENUTUP
         Penyebab prestasi belajar siswa menurun adalah siswa SMP yang tidak memiliki buku pelajaran, kebiasaan bolos sekolah, siswa bosan dengan gaya mengajar dari guru, dan siswa tidak mau bertanya saat tidak mengerti tentang pelajaran yang sedang diterangkan. Itulah penyebab – penyebab penurunan prestasi belajar siwa, yang sering dialami oleh banyak pelajar SMP.
         Cara mengatasinya adalah sebaiknya siswa berusaha agar mempunyai buku pelajaran dengan cara meminjam kepada teman atu meminjam di perpustakaan, pihak sekolah dan pihak – pihak terkait melakukan kerjasama agar siswa tidak ada yang bolos lagi, guru melakukan metode belajar mengajar yang berfariasi dan tidak monoton, menciptakan sistem belajar mengajar yang menarik dan menyenagkan.
         Demikian karya tulis ini kami buat semoga informasim yang kami papakarkan bisa berguna bagi para rekan – rekan pada khususnya dan para pembaca pada umumnya.

Indramayu, Maret 2011
Hormat kami


Daftar Pustaka

 
Lina, 2009, Dampak Negative HP, Prestasi Belajar Menurun (online), Diambil tanggal 19 Maret 2011 dari http://www.papuapos.com


Arief Furchan, 2009, Pentingnya Memiliki Tujuan Belajar (online), Diambil tanggal 19 Maret 2011 dari http://www.pendidikanislam.net/

3 komentar:

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

musik

twitter